13 Juni 2018

Infeksi Panggul



Pertanyaan:

ASSALAMU ALAIKUM,

dokter. Tiga tahun yang lalu, saya mengalami infeksi pada kandungan. Sekarang setelah tiga tahun menikah, saya belum punya anak Saya delapan kali mengalami keguguran. Mohon penjelasannya. Terima kasih, dokter.

082191359xxx

Jawaban:

DELAPAN kali keguguran merupakan keadaan yang disebut sebagai abortus berulang (jika terjadi dua kali atau lebih keguguran). Abortus berulang membutuhkan pemeriksaan dan evaluasi yang teliti dan paripurna, agar pasangan suami-istri bisa memiliki anak.
Keadaan ini jarang terjadi. Penyebab paling sering adalah kelainan kromosom Penyebab lain yaitu kelainan pada rahim, seperti kelainan bentuk rahim, tumor di rahim (miom, polip).

Penyakit pada ibu juga dapat menyebabkan abortus berulang-Termasuk, sindrom antifosfolipid, ibu dengan diabetes mellitus, dan sindrom polikistik ovarium.

Untuk menentukan penyebab pasti, dibutuhkan beberapa pemeriksaan dan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan dimulai dengan mengumpulkan data

tentang riwayat penyakit sebelumnya dan kejadian keguguran sebelumnya. Dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan dalam vagina.

Pemeriksaan penunjang yang diperlukan, di antaranya pemeriksaan ultrasonografi (USG), pemeriksaan da-iah, bahkan mungkin diperlukan pemeriksaan genetik. Setelah penyebab pasti abortus berulang diidentifikasi, maka pengobatan ditujukan khusus untuk penyebab tersebut

Ter-dapat satu keadaan unikyang disebut sebagai abortus berulang idiopatik, yaitu jika telah dilakukan pemeriksaan paripurna namun ternyata tidak ditemukan penyebab abortus berulang.

Keadaan ini sulit ditangani karena penyebabnya tidak di-ketahui.

Infeksi pada panggul atau infeksi pada organ reproduksi wanita, lebih sering menyebabkan perlengketan organ reproduksi. Jika terjadi perlengketan pada tuba fallopii (saluran indung telur), maka yang terjadi adalah kegagalan pembuahan (fertilisasi) artinya sel sperma tidak dapat membuahi sel telur sehingga tidak terjadi kehamilan. (ica/dni)

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Fajar tanggal 13 Juni 2018.