16 Mei 2018

Proposal Bantuan Insentif Pemerintah 2018



BUN. mau tanya nih untuk Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) sebesar Rp 6 miliar itu. batas periode pengajuan proposal batch pertama bemkhir kapan ya? Selain proposal, apa saya berkas yang hanis dipenuhi. Apakah sekarang masih bisa? Terima kasih sebelumnya.
08968537xxxx

Terakhir 20 Mei 2018

TERIMA kasih juga sudah bertanya, batas periode pengajuan proposal batch pertama sudah dimulai sejak 30 April dan akan berakhir pada 20 Mei 2018.

Tentu saja pengajuan masih bisa dilakukan selama belum melewati batas waktu yang telah ditetapkan. Hanya saja untuk mengurangi kegagalan unggah proposal sangat direkomendasikan telah menyelesaikan unggahan berkas-ber-kas seminggu sebelum penutupan pendaftaran.
Pemohon dalam pengajuan proposal, juga harus melampirkan dokumen beserta data dukung lainnya sebagai berikut:

1. Studi kelayakan bisnis, perhitungan solusi bisnis yang ditawarkan, besarnya potensi pasar, tingkat persaingan dan besarnya kebutuhan modal untuk proyek peningkatan skala atau kapasitas produksi.

2. Model bisnis dan riwayat pengalaman pengembangan bisnisnya, riset produk maupun riset pasar.

3. Riwayat hidup pendiri usaha / founder dan atau eo-founder.

4. Riwayat kemitraan dengan lembaga pendamping atau pihak lainnya jika ada.

5. Status kesiapan bisnis; apakah masih pada tahap awal yaitu prototyping atau dalam tahap pengembangan (sudah mendapat keuntungan atau nilai vahiasi tertentu), atau dalam tahap pematangan (sudah membutuhkan penambahan modal yang lebih besari, tahap leading (dari keunggulan dan positioning produk dan sudah membutuhkan penambahan modal yang jauh lebih besari. juga adanya kelengkapan tim organisasi usaha dan perhitungan rencana kedepannya.

6. Perhitungan perencanaan keuangan dan proyeksi pendapatan, serta kineija keuangan dan profitabilitas; termasuk Laporan Neraca Keuangan, Laporan Laba Rugi, dan Laporan Arus Kas.

7. Pengajuan RAB (Rencana Anggaran Belanja) atau penggunaan dana Bantuan Insentif. Dana bantuan bagi calon penerima harus habis pada tahun anggaran beijalan. Untuk pembelian barang modal, perlu mencantumkan referensi sumber pembelian dan haiga.

8. Rencana keberlanjutan penggunaan bantuan pemerintah dalam satu tahun setelah menerima anggaran dan setelahnya.

Mimi Zulaikha
Tim Komunikasi Publik Bekraf

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Tribun Pontianak tanggal 16 Mei 2018.