16 Mei 2018

Kesempatan Terakhir



ALHAMDULILLAH. kita masih diberikan kesempatan emas untuk menikmati lagi bulan suci Ramadhan kali ini. Setiap kali bertemu dengan bulan penuh rahmat dan ampunan ini, kita maunya menganggapnya sebagal yang kesempatan terakhir.

Dengan menganggapnya terakhir kali, kita akan terdorong untuk memanfaatkan waktu untuk melakukan segala ibadah dan amalan kebaikan lain dengan penuh keimanan dan hati yang ikhlas. Sehingga akan berusaha sekuat tenaga untuk menjaganya dari hal-hal yang merusak atau membatalkan pahalanya. Dengan demikian, akan terbuka peluang besar untuk memperoleh ampunan dosa.

Apalagi tak sedikit di antara kita yang tak sempat menikmati bulan Ramadhan kali ini, walaupun sempat menikmatinya pada Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Bagi mereka yang sudah duluan menghadap Ilahi, apa yang telah dilakukan sebelumnya itulah yang akan dibawa ke kampung abadi di akhirat kelak. Sangat beruntung tentunya jika maksimal melaksanakan ibadah sewaktu masih hidup dan saat bertemu dengan bulan Ramadhan.

Karena itu, memungut pelajaran dari kehidupan orang-orang sebelumnya adalah tindakan yang bijak. Termasuk pelajaran dari penyesalan orang-orang yang mengabaikan bulan Ramadhan, karena menganggap umurnya masih lama sehingga menunda-nunda beribadah.

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Serambi Indonesia tanggal 16 Mei 2018.